Memasuki tahun ke dua, Jurnal KRITIS (Kebijakan, Riset dan Inovasi) menyajikan lima artikel hasil-hasil penelitian mahasiswa baik dari dalam maupun dari luar STIE Jambatan Bulan. Seluruh artikel yang disajikan mengkaji masalah-masalah dalam bidang ekonomi pembangunan, yaitu sektor unggulan, kesejahteraan ekonomi, ketimpangan pembangunan sektor ekonomi, dan  ketimpangan PDRB.

Artikel pertama menganalisis potensi sumberdaya perikanan wilayah pesisir dalam menunjang kesejahteraan nelayan di Distrik Mimika Barat Kabupaten Mimika, yang ditulis oleh Erwin dan Leonardus Tumuka. Indikator penilaian peningkatan kesejahteraan masyarakat yakni tersedianya sarana dan prasarana pendukung, meningkatnya kemampuan SDM pengelola kelautan, pengembangan pasar, prasarana yang berkembang, efektivitas pengolahan hasil kelautan, peningkatan taraf hidup nelayan, manajemen sumberdaya perikanan, pengaturan alat tangkap dan pengembangan industri kelautan dan perikanan.

Artikel kedua menganalisis daya saing sektor unggulan dalam struktur perekonomian Kabupaten Mimika, yang ditulis oleh Ahmad Usman Ali dan Abu Bakar. Indikator-indikator yang digunakan untuk mengukur tingkat daya saing adalah laju pertumbuhan ekonomi dan kontribusi sektor ekonomi. Penghitungan PDRB dapat dilakukan dengan menggunakan dua metode yaitu langsung dan tidak langsung (alokasi).

Artikel ketiga menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat pertumbuhan ekonomi di Sulawesi Selatan, yang ditulis oleh Asdar. Faktor-faktor yang mempengaruhi ringkat pertumbuhan ekonomi dibatasi pada faktor tenaga kerja, pengeluaran pemerintah dan nilai ekspor.

Artikel keempat menganalisis dampak Dana Alokasi Umum, Dana Alokasi Khusus, dan Dana Bagi Hasil terhadap ketimpangan Produk Domestik Regional Bruto di Provinsi Sulawesi Selatan untuk periode 2005 – 2014, yang ditulis oleh Muhammad Aziz. 

Artikel kelima menganalisis ketimpangan pembangunan sektor di provinsi Sulawesi Selatan pada tahun 2011-2015, yang ditulis oleh Ikrar Mallarangang. Metode analisis yang digunakan ada tiga macam yaitu analisis Indeks Williamson, Analisis Shift Share, dan Indeks Theil.

Ucapan terimakasih disampaikan kepada seluruh anggota Dewan Redaksi yang meluangkan waktunya untuk menelaah artikel-artikel yang masuk di meja redaksi serta para penulis artikel yang termuat tulisannya. Semoga peran serta anggota Dewan Redaksi dapat meningkatkan mutu penerbitan Jurnal KRITIS di masa-masa yang akan datang.

Akhir kata, redaksi berharap artikel-artikel yang termuat dalam Jurnal KRITIS edisi ini dapat bermanfaat bagi para pembaca. Sekian dan terimakasih.

 Dewan Redaksi

Published: 2018-06-09